Hal yang Perlu Anda Ketahui Tentang Insulin

Hal yang Perlu Anda Ketahui Tentang Insulin – Insulin adalah hormon yang dibuat di pankreas Anda, kelenjar yang terletak di belakang perut Anda. Ini memungkinkan tubuh Anda menggunakan glukosa untuk energi. Glukosa adalah sejenis gula yang ditemukan dalam banyak karbohidrat. Setelah makan atau kudapan, saluran pencernaan memecah karbohidrat dan mengubahnya menjadi glukosa. Glukosa kemudian diserap ke dalam aliran darah Anda melalui lapisan di usus kecil Anda. Begitu glukosa dalam aliran darah Anda, insulin menyebabkan sel-sel di seluruh tubuh Anda menyerap gula dan menggunakannya untuk energi.

Insulin_Nation_They_Wouldnt_Refill_My_Daughters_Insulin_Prescription_945px-825x510

Insulin juga membantu menyeimbangkan kadar glukosa darah Anda. Ketika ada terlalu banyak glukosa dalam aliran darah Anda, insulin memberi sinyal tubuh Anda untuk menyimpan kelebihan di hati Anda. Glukosa yang disimpan tidak dilepaskan sampai kadar glukosa darah Anda menurun, seperti antara waktu makan atau ketika tubuh Anda sedang stres atau membutuhkan tambahan energi ekstra.

Memahami diabetes

Diabetes terjadi ketika tubuh Anda tidak menggunakan insulin dengan benar atau tidak menghasilkan cukup insulin. Ada dua tipe utama diabetes: tipe 1 dan tipe 2.

Diabetes tipe 1 adalah jenis penyakit autoimun. Ini adalah penyakit di mana tubuh menyerang dirinya sendiri. Jika Anda memiliki diabetes tipe 1, tubuh Anda tidak dapat membuat insulin. Ini karena sistem kekebalan tubuh Anda telah menghancurkan semua sel penghasil insulin di pankreas Anda. Penyakit ini lebih sering didiagnosis pada orang muda, meskipun dapat berkembang di masa dewasa.

Pada diabetes tipe 2 , tubuh Anda menjadi resisten terhadap efek insulin. Ini berarti tubuh Anda membutuhkan lebih banyak insulin untuk mendapatkan efek yang sama. Karena itu, tubuh Anda terlalu banyak memproduksi insulin untuk menjaga kadar glukosa darah normal. Namun, setelah bertahun-tahun kelebihan produksi, sel-sel yang memproduksi insulin di pankreas Anda terbakar. Diabetes tipe 2 juga mempengaruhi orang-orang dari segala usia, tetapi biasanya berkembang di kemudian hari.

Insulin sebagai pengobatan untuk diabetes

Suntikan insulin sebagai pengganti atau suplemen untuk insulin tubuh Anda dapat membantu mengobati kedua jenis diabetes. Karena orang dengan diabetes tipe 1 tidak dapat membuat insulin, mereka harus menggunakan insulin untuk mengontrol kadar glukosa darah mereka. Banyak orang dengan diabetes tipe 2 dapat mengatur kadar glukosa darah mereka dengan perubahan gaya hidup dan obat-obatan oral. Namun, jika perawatan ini tidak berhasil, mereka mungkin juga memerlukan insulin untuk membantu mengontrol kadar glukosa darah mereka.

Jenis perawatan insulin

Semua jenis insulin menghasilkan efek yang sama. Riasan berbagai jenis insulin mempengaruhi seberapa cepat dan berapa lama mereka bekerja untuk membantu meniru peningkatan alami dan penurunan tingkat insulin di seluruh tubuh pada siang hari.

Insulin kerja cepat: Jenis insulin ini mulai bekerja kira-kira 15 menit setelah penyuntikan. Efeknya bisa bertahan antara dua hingga empat jam. Ini sering digunakan sebelum makan.

Insulin kerja pendek: Anda menyuntikkan insulin ini sebelum makan. Ini mulai bekerja 30 hingga 60 menit setelah Anda menyuntikkannya dan berlangsung lima hingga delapan jam.

Intermediate-acting insulin: Jenis insulin ini mulai bekerja dalam 30 menit hingga satu jam setelah injeksi, dan efeknya dapat bertahan hingga delapan jam.

Insulin kerja panjang: Insulin ini mungkin tidak mulai bekerja hingga sekitar dua jam setelah Anda menyuntikkannya. Namun, itu bisa bertahan hingga 24 jam.

Administrasi dan dosis

Anda tidak bisa mengambil insulin melalui mulut. Anda harus menyuntikkannya dengan jarum suntik, pena insulin, atau pompa insulin. Jenis injeksi insulin yang Anda gunakan akan didasarkan pada preferensi pribadi Anda, kebutuhan kesehatan, dan cakupan asuransi.

Dokter Anda akan menunjukkan kepada Anda bagaimana memberi diri Anda suntikan. Anda dapat menyuntikkan insulin di bawah kulit di berbagai bagian tubuh Anda, seperti paha, pantat, lengan atas, dan perut. www.pakarkista.com Jangan menyuntikkan insulin dalam dua inci dari pusar Anda, meskipun – tubuh Anda tidak akan menyerapnya juga. Anda harus memvariasikan lokasi suntikan untuk mencegah penebalan kulit Anda dari paparan insulin konstan.

Penggunaan insulin bervariasi menurut orang menurut kadar glukosa darah dan tujuan manajemen diabetes mereka. Dokter Anda mungkin menginstruksikan Anda untuk memberi diri Anda insulin 60 menit sebelum makan atau sebelum makan. Jumlah insulin yang Anda butuhkan setiap hari tergantung pada faktor-faktor seperti diet Anda, tingkat aktivitas fisik Anda, dan tingkat keparahan diabetes Anda. Beberapa orang hanya membutuhkan satu suntikan insulin per hari. Yang lain membutuhkan tiga atau empat. Dokter Anda mungkin juga meminta Anda untuk menggunakan insulin kerja cepat dan insulin kerja panjang.

Reaksi insulin

Hipoglikemia, atau kadar glukosa darah yang terlalu rendah, kadang-kadang dapat terjadi ketika Anda mengambil insulin. Ini disebut reaksi insulin. Jika Anda berolahraga terlalu banyak atau tidak cukup makan, kadar glukosa Anda bisa turun terlalu rendah dan memicu reaksi insulin. Anda perlu menyeimbangkan insulin yang Anda berikan sendiri dengan makanan atau kalori. Gejala reaksi insulin meliputi:

  • kelelahan
  • ketidakmampuan untuk berbicara
  • berkeringat
  • kebingungan
  • hilang kesadaran
  • kejang
  • kedutan otot
  • kulit pucat

Pencegahan

Untuk menghentikan efek reaksi insulin, bawalah setidaknya 15 gram karbohidrat bertindak cepat bersama Anda setiap saat. Itu sama dengan hal-hal berikut:

  • 1/2 cangkir soda non-diet
  • 1/2 cangkir jus buah
  • 5 permen lifesaver
  • 2 sendok makan kismis

Juga, tanyakan dokter Anda tentang pena khusus yang disebut pena glukagon untuk membantu menyelesaikan reaksi insulin.

Tinggalkan komentar