Penyakit Crohn

o-CROHNS-DISEASE-CAUSE-570.jpgPenyakit Crohn adalah penyakit radang usus (IBD). IBD adalah istilah umum untuk kondisi non-infeksi yang melibatkan peradangan usus kronis, yang menyebabkan gejala seperti diare dan sakit perut. Jenis IBD lainnya adalah kolitis ulserativa dan bentuk yang lebih tidak biasa yang disebut kolitis mikroskopik.

Meskipun penyakit Crohn dan kolitis ulserativa memiliki gejala yang sama dan seringkali sulit dibedakan satu sama lain, namun penyakit ini mempengaruhi saluran pencernaan secara berbeda. Sementara kolitis ulserativa terbatas pada usus besar, penyakit Crohn mungkin melibatkan bagian saluran pencernaan dari mulut ke anus. Pada lebih dari separuh anak-anak dengan penyakit Crohn, bagian terakhir dari usus kecil, yang disebut ileum, terpengaruh, serta bagian pertama atau sebagian besar usus besar, usus besar dan rektum. Peradangan pada penyakit Crohn juga meluas lebih dalam ke dinding usus daripada kolitis ulserativa.

Sekitar sepertiga anak memiliki masalah eksternal di sekitar bagian bawahnya, yang disebut penyakit perianal. Setiap anak dengan tag, fisura (parut), atau abses di daerah anus harus dievaluasi untuk penyakit Crohn. baca juga : cara mengobati crohn

Penyakit Crohn mungkin kambuh dan kemudian kambuh pada berbagai waktu sepanjang masa pasien, dengan periode remisi bebas gejala. Tidak ada cara akurat untuk memprediksi kapan remisi dapat terjadi atau kapan gejala akan kembali

Tanda-tanda dan Gejala

Gejala umum penyakit Crohn meliputi:

  • Diare
  • Kram perut dan nyeri
  • Demam
  • Pendarahan rektum
  • Kehilangan nafsu makan dan penurunan berat badan
  • Pertumbuhan yang buruk
  • Nyeri sendi atau ruam kulit yang tidak biasa

Selama periode gejala aktif, anak Anda mungkin juga mengalami:

  • Kelelahan
  • Nyeri sendi
  • Fissures, atau air mata, di lapisan anus
  • Fistula, terowongan yang menghubungkan usus ke kandung kemih, vagina atau
  • kulit
  • Lesi oral atau kulit

Diagnosis

Tidak ada satu tes pun yang bisa memberikan diagnosis penyakit Crohn. Dokter anak Anda akan mulai dengan melakukan pemeriksaan fisik dan menjalani riwayat kesehatan. Jika dokter menduga Crohn’s, anak Anda akan menjalani serangkaian tes untuk melakukan diagnosis definitif. Tes ini mungkin termasuk yang berikut ini:

Tes Darah – Tes darah dapat dilakukan untuk memeriksa anemia, yang dapat mengindikasikan perdarahan di usus. Tes darah juga dapat menemukan jumlah sel darah putih yang tinggi atau peningkatan kadar protein C-reaktif, keduanya merupakan tanda peradangan.
Sample Stool – Dengan menguji sampel tinja, dokter dapat mengetahui apakah ada perdarahan atau infeksi di usus.
Magnetic Resonance Enterography – MR enterography adalah tes yang lebih baru dan non-invasif yang memberikan gambaran rinci tentang usus kecil, yang dapat digunakan untuk menentukan daerah peradangan, perdarahan dan masalah lainnya. Sebelum tes, anak Anda akan minum bahan kontras (kadang kala susu sudah cukup) yang akan menyoroti usus kecil di gambar. Bahan kontras dan tes itu sendiri tidak mengekspos anak Anda ke radiasi apapun. baca juga : QnC Jelly Gamat

Pengobatan

Obat-obatan
Obat-obatan digunakan untuk menekan peradangan yang terkait dengan penyakit Crohn, yang pada gilirannya membantu penyembuhan usus, menghilangkan gejala dan mungkin mencegah perkembangan penyakit dan komplikasi potensial. Setelah gejala terkendali, obat dapat menurunkan frekuensi suar (kambuh) dan mencegah gejala berulang.

Beberapa jenis obat tersedia untuk mengobati penyakit Crohn, termasuk aminosalicylates, kortikosteroid, pengubah kekebalan dan terapi biologis.

Suplemen Nutrisi
Terapi nutrisi juga dapat membantu mengobati atau setidaknya mendukung pertumbuhan anak-anak dengan penyakit Crohn. Formula khusus dapat digunakan sebagai pengobatan primer untuk anak-anak dengan penyakit Crohn sebagai pengganti beberapa obat. Atau, dokter anak Anda mungkin merekomendasikan suplemen gizi.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s