Manfaat Sarapan

Manfaat Sarapan – Sarapan adalah waktu makan paling penting dalam sehari. Bayangkan jika Anda adalah mobil. Tangki bahan bakar menjadi kosong setelah tidur nyenyak. Sarapan adalah bahan bakar yang memungkinkan Anda untuk memulai aktivitas sehari-hari.

landscape-1492181150-delish-breakfast-crunchwrap-supreme-2.jpg

Orang dewasa yang rutin makan sarapan sehat setiap pagi lebih cenderung mengkonsumsi lebih banyak vitamin dan mineral, mengendalikan berat badan, dan makan lebih sedikit lemak dan kolesterol. Sedangkan rutinitas sarapan sehat untuk anak-anak mampu memenuhi kebutuhan pangan sehari-hari, menjaga berat badan tetap sehat, fokus lebih baik, membuat anak jarang kena sekolah.

Manfaat sarapan

Selalu dianjurkan untuk sarapan setiap hari. Karena ada manfaat sarapan yang berbeda untuk kesehatan kita.

Membantu melindungi tubuh dari penyakit

Menurut sebuah penelitian, tingkat kolesterol jahat (LDL) diperkirakan meningkat pada wanita sehat yang tidak makan sarapan selama dua minggu, dibanding wanita yang makan sereal gandum tinggi serat dengan susu. Serat akan mengikat kolesterol dan cepat keluar dari tubuh sebelum mencapai arteri. Padahal, menurut penelitian, asupan serat yang tinggi diperkirakan bisa mengurangi risiko penyakit jantung hingga 50 persen dan membantu menghilangkan kelebihan estrogen. Karena kadar estrogen yang tinggi bisa meningkatkan risiko kanker payudara.

Meningkatkan kemampuan mental

Menurut sebuah penelitian, diperkirakan bahwa siswa yang memiliki sarapan rata-rata memiliki nilai yang lebih tinggi dalam tes pager. Saat bangun tidur, sebagian besar energi (dalam bentuk glukosa dan glikogen) telah habis untuk aktivitas kemarin. Meskipun glukosa adalah satu-satunya bahan bakar yang digunakan otak. Tanpa glukosa, Anda akan merasa lelah dan sulit berkonsentrasi.

Membantu menurunkan berat badan

Bila tidak ada makanan di dalam tubuh, kalori perlahan dibakar untuk menghemat energi. Sarapan berfungsi sebagai pemicu awal metabolisme, yang berarti membakar kalori lebih efisien sepanjang hari. Dianjurkan untuk tidak makan karbohidrat sederhana karena bisa membuat gula darah Anda melompat dan jatuh dengan cepat. Anda akan merasa lapar lagi pada pukul 11 ​​siang dan menginginkan makanan ringan.

Oleh karena itu, dianjurkan untuk mengonsumsi karbohidrat kompleks seperti oatmeal atau roti dari biji-bijian yang tinggi serat dan rendah gula. Karena secara perlahan dicerna oleh tubuh, ia menyediakan energi yang stabil sehingga membuat Anda merasa kenyang dan mengurangi keinginan untuk camilan.

Memelihara kebutuhan tubuh

Tidak ada sarapan membuat dosis harian vitamin dan nutrisi sulit didapat tubuh. Sarapan adalah makanan sehat dan orang yang makan sarapan cenderung memiliki pola makan sehat.

Menu sarapan juga tidak boleh acak. Sarapan sehat dengan biji-bijian (whole grain), protein (selai kacang, daging tanpa lemak, ayam, ikan, telur rebus), keju atau susu rendah lemak, disarankan buah dan sayuran. Kombinasi karbohidrat kompleks, serat, protein, dan sedikit lemak bermanfaat bagi kesehatan dan membuat Anda tetap berjam-jam.

Menurut Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, contoh daftar sarapan sehat untuk anak usia 6-12 tahun antara lain:

Paket roti + daging sapi + sayuran + susu
Nasi goreng + omelet + sayuran
Bubur ayam + pisang
Sayuran Lontong + telur + buah
Nasey Odok + ayam goreng + buah
Pasta mie + telur + buah

Dengan banyak manfaat sarapan yang bisa Anda dapatkan, dan hindari melewatkan pagi tanpa makan bergizi untuk memulai hari Anda. baca juga : Cara mengatasi nyeri pada saat haid

Manfaat Sarapan

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s